Tuesday, December 8, 2009

DiaL uP.....?? or Broadband......??? ^^

Internet... Internet... Internet...
Buat jaman sekarang Internet paling banyak digunakan oleh semua orang, semua kalangan dalam aktivitas yang dilakukan sehari-hari.. Penulis pun menggunakan internet setiap hari, untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui berbagai media messenger yang ada, lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan telepon atau handphone, untuk dapat mencari berbagai informasi yang dibutuhkan baik untuk tugas-tugas kuliah, dan juga untuk mengirimkan berbagai informasi melalui email untuk keperluan di kantor, awalnya dulu sebelum banyak bermunculan macam-macam jaringan internet, penulis hanya menggunakan Dial Up internet connection yaitu dengan menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon dirumah.. Awalnya penulis menggunakan koneksi Dial up TelkomNet instan dengan bayaran Rp.165/menit dengan kecepatan 56 kbps. Penulis menggunakan Telkomnet instan karena penulis belum begitu membutuhkan internet, hanya untuk keperluan yang urgent saja, oleh karena itu penulis memanfaatkan koneksi internet sederhana yang bisa digunakan secara langsung melalui line telepon...




Kelebihan dari Dial Up:
• Mudah sekali untuk digunakan hanya dengan menyambungkan kabel line telepon dengan komputer
• Tidak ada biaya pendaftaran atau biaya bulanan yang harus dikeluarkan, hanya dikenakan tagihan Internet jika menggunakannya.
• Cocok dengan kebutuhan penulis karena hanya membutuhkan koneksi internet yang bersifat sesaat.

Kelemahan dari Dial Up:
• Koneksi internetnya cenderung lambat karena hanya memiliki kecepatan 56 kbps.
• Biaya yang dikeluarkan cukup besar karena koneksi internet yang cenderung lambat sehingga menyebabkan pemakaian menjadi lebih lama dari seharusnya.
• Pada saat menggunakan internet, telepon rumah tidak boleh digunakan dan jika ada telepon masuk akan menyebabkan koneksi internet terputus.


Hal ini sempat menyebabkan penulis malas untuk menggunakan internet, dengan rating penggunaan internet yang masih relatif kecil membuat penulis lebih sering pergi ke warnet yang sudah menggunakan jaringan Broadband jika membutuhkan jaringan internet, karena biaya yang dikeluarkan lebih murah hanya membayar Rp. 1.500,- per jam nya dan juga kecepatan yang sangat berbanding jauh dengan menggunakkan Dial Up Connection dirumah...

Seiring dengan berjalannya waktu dan perubahan jaman yang semakin modern dan kebutuhan penulis akan internet yang semakin meningkat, penulis mulai memikirkan untuk menggunakan jaringan Broadband... Kebetulan waktu itu FastNet sedang gencar-gencarnya melakukan promosi di daerah perumahan penulis dengan menawarkan jaringan internet UNLIMITED dengan harga yang relatif murah, penulis mendapatkan brosurnya dengan promosi yang sangat menarik dengan mendapatkan discount untuk harga modem hanya sebesar Rp. 300.000,- dari harga awal sebesar Rp. 500.000,- jika memasang jaringan internet itu pada masa promosi yang dilakukan.. dan ini daftar harga untuk berlangganan jaringan FastNet..



FastNet 384 Up to 384 Kbps Rp 99.000
FastNet 512 Up to 512 Kbps Rp 199.000
FastNet 768 Up to 768 Kbps Rp 299.000


setelah melihat promosi tersebut, tidak berpikir panjang penulis memutuskan untuk menggunakan jaringan internet tersebut, untuk menjadi pelanggan sangat mudah penulis hanya meninggalkan identitas fotocopy ktp dan beberapa hari kemudian petugas FastNet pun datang dengan membawa Modem dan memasang jaringan internet tersebut dengan gratis, karena biaya pemasangan sudah termasuk dalam harga berlangganan.. penulis hanya mengambil berlangganan FastNet 384 dengan kecepatan 384 kbps dan setelah menggunakan jaringan internet ini, penulis sungguh puas jika dibandingkan dengan menggunakan Dial Up Connection.. banyak keuntungan yang dialami penulis, diantaranya:

Kelebihan dari FastNet :
• Koneksi Internet lebih cepat dengan kecepatan 384 kbps sangat menguntungkan penulis yang hanya membayarkan biaya bulanan sebesar Rp. 99.000,-
• Akses UNLIMITED yang diberikan membuat penulis dapat mengakses internet tanpa perlu takut memikirkan akan besarnya biaya yang akan dikeluarkan bahkan penulis bisa berjam-jam duduk didepan komputer karena akses UNLIMITED tersebut.

Kelemahan dari FastNet :
• Karena jaringan internet yang masih cukup baru, membuat coverage area dari broadband connection masih sering menjadi kelemahannya, Area coverage dari teknologi ini memang belum bisa terlalu luas karena ada keterbatasan teknis.
• Seiring dengan banyak yang sudah menggunakan jaringan FastNet ini membuat kecepatan koneksi menjadi sedikit berkurang.


berjalan -/+ setahun, FastNet menaikkan harga berlangganan yaitu sebagai berikut :


FastNet 384 Up to 384 Kbps Rp 135.000
FastNet 512 Up to 512 Kbps Rp 195.000
FastNet 768 Up to 768 Kbps Rp 295.000



namun dengan kelebihan yang sudah dirasakan penulis selama 1 tahun berlangganan, penulis memutuskan untuk tetap berlangganan dan tidak ingin kembali lagi ke jaringan internet yang lama yaitu dengan menggunakan Dial Up Connection tetapi tetap dengan menggunakan jaringan Broadband.. Penulis pun menaikkan speed dengan memilih paket FastNet 512 dengan kecepatan 512 kbps yang sangat memberikan keuntungan bagi penulis dalam menggunakan jaringan internet untuk aktivitas setiap harinya.. ^^

No comments:

Post a Comment

Post a Comment